Jumat, 28 Oktober 2011

Makalah KARAKTERISTIK BEBERAPA METODE PEMBELAJARAN


KARAKTERISTIK BEBERAPA
 METODE PEMBELAJARAN

A.     Pendahuluan
Belajar mengajar merupakan kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi diantara guru dengan anak didik. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan.Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajarannya secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran.
Metode mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar, kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki anak didik, akan ditentukan oleh kerelevansian penggunaan suatu metode yang tepat. Untuk lebih jelasnya metode yang digunakan dalam pembelajaran, pemakalah akan membahas beberapa metode pembelajaran yaitu metode ceramah dan metode demonstrasi.
B.     Pembahasan
1.      Metode ceramah
Metode ceramah merupakan cara penyajian pelajaran yang dilakukan guru dengan penuturan atau penjelasan secara langsung terhadap siswa.[1]
Dalam pelaksanaan ceramah untuk menjelaskan uraiannya pengajar dapat menggunakan alat bantu seperti gambar-gambar. Tetapi metode utama, berhubungan antara pengajar dengan pembelajar ialah berbicara.Peranan dalam metode ceramah adalah memdengarkan dengan teliti dan mencatat pokok-pokok penting yang dikemukan oleh pengajar.[2]
      Dalam metode ceramah memiliki kelebihan dan kelemahan yaitu:
      Kelebihan metode ceramah
a.       guru mudah menguasai kelas.
b.      Mudah mengorganisasikan tempat duduk/kelas
c.       Dapat diikuti oleh jumlah siswa yang besar.
d.      Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya .
e.       Guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik.
      Kelemahan metode ceramah
a.       Pengajar tidak dapat mengetahui sampai dimana pembelajar telah mengerti pembicaraannya.
b.      Mudah menjadi verbalisme (pengertian kata-kata).
c.       Yang vusual menjadi rugi, yang auditif (mendengar) yang besar menerimanya.
d.      Bila selalu digunakan dan terlalu lama, membosankan.
e.       Guru menyimpulkan bahwa siswa mengerti dan tertari pada ceramahnya.
f.        Menyebabkan siswa menjadi pasif.
Langkah-langkah yang dapat mempertinggi hasil metode ceramah.
-         Rumuskan tujuan khusus yang hendak dipelajari oleh pembelajar
-         Setelah menetapkan tujuan, hendaklah diselidiki apakah metede ceramah benar-benar merupakan metode yang sangat pada tempatnya.
-         Susunan bahan ceramah yang benar-benar perlu diceramahkan
-         Pengertian yang dapat dijelaskan dengan alat atau dengan uraian tertentu harus ditetapkan sebelumnya.
-         Kemudian usahakan menanam pengertian yang jelas
-         Adakan rencana penilaian.

2.      Metode demonstrasi
Metode demonstrasi adalah cara penyajian pelajaran dengan meragakan atau mempertunjukkan kepada siswa suatu proses, situasi atau benda tertentu yang sedang dipelajari, baik sebenarnya maupun tiruan, yang sering disertai dengan penjelasan lisan. Dengan metode demonstrasi, proses penerimaan siswa terhadap pelajaran akan lebih berkesan secara mendalam, sehingga membentuk pengertian dengan baik dan sempurna.
Metode demonstrasi baik digunakan untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang hal-hal yang berhubungan dengan proses mengatur sesuatu, proses membuat sesuatu, proses bekerjanya sesuatu, proses mengerjakan atau menggunakannya, komponen-komponen yang membentuk sesuatu,  membandingkan suatu cara dengan cara lain, dan untuk mengetahui atau melihat kebenaran sesuatu.
           

            Metode demonstrasi memiliki kelebihan dan kelemahan
            Kelebihan metode demonstrasi
a.       Dapat membuat pengajaran menjadi lebih jelas dan lebih konkret, sehingga   menghindari verbalisme (pemahaman secar kata-kata atau kalimat)
b.      Siswa lebih mudah memahami apa yang dipelajari
c.       Proses pengajaran lebih menarik
d.      Siswa dirangsang untuk aktif mengamati,menyesuaikan antara teori dengan kenyataan, dan mencoba melakukannya sendiri.
Kelemahan metode demonstrasi
a.       Metode ini memerlukan keterampilan guru secara khusus, karena tanpa ditunjang dengan hal itu, pelaksanaan demonstrasi akan tidak efektif.
b.      Fasilitas seperti peralatan, tempat dan biaya yang memadai tidak selalu tersedia dengan baik.
c.       Demonstrasi memerlukan kesiapan dan perencanaan yang matang disamping memerlukan waktu yang cukup panjang, yang mungkin terpaksa mengambil waktu atau jam pelajaran yang lain.
Praktik penggunaan metode mengajar
Didalam prakteknya metode mnegajar tidak digunakan sendiri-sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari beberapa metode mengajar. Berikut akan dikemukakan kemungkunan kombinasi metode mengajar.
a.       Ceramah, Tanya jawab dan tugas.
Mengingat ceramah banyak segi yang kurang menguntungkan, maka penggunaannya harus didukung dengan alat dan media atau dengan metode lain. Karena itu setelah guru memberikan ceramah, maka dipandang perlu untuk memberikan kesempatan kepada siswanya mengadakan Tanya jawab. Tanya jawab ini diperlukan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap apa yang telah disampaikan guru melalui metode ceramah. Untuk lebih memantapkan penguasaan siswa terhadap bahan yang telah disampaikan, maka pada tahap selanjudnya siswa diberi tugas. Misalnya membuat kesimpulan hasil ceramah.
b.      Ceramah diskusi dan Tanya jawab
c.       Ceramah
d.      ceramah
C.     Penutup


[1] Syaiful bahri djamarah dan aswan zain,strategi belajar Mengajar, (Jakarta: PT. Rineka Cipta,2006) hal.97
[2] http//Massofa.Wordpress.com/2008/07/13/Metode-Ceramah-Dalam-Pembelajaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar